DAERAH

Cegah Corona, Puskesmas Cibogo Tekankan Kepada Masyarakat Pola PHBS

CIBOGO Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona,

Hal ini ditegaskan oleh dr Zaenal Efendi, petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Cibogo.

Menurut Zaenal, meski kasus corona kian merebak, pihaknya tetap melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sejauh ini, berdasarkan hasil pelaksanaan cek kesehatan di lingkup wilayah kerja UPTD Puskesmas Cibogo, pihaknya belum menemukan pasien yang mengidap virus corona.

“Dalam pelayanan kesehatan biasanya kami kepada pasien melakukan cek darah terlebih dahulu dan dilihat dari riwayat si pasien itu sendiri, terutama pasien yang pulang dari luar negeri itu sangat dikhawatirkan. Tapi untuk sementara ini belum ada pasien yang pulang dari luar negeri. Alhamdulillah di Kecamatan Cibogo tidak ada yang terserang virus tersebut. Walaupun banyak pasien yang datang itu hanya sekedar flu dan demam biasa yang diakibatkan dari perubahan cuaca saja,” paparnya.

Pihaknya menghimbau warga Kecamatan Cibogo agar membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah masuknya virus corona.

“Kita harus berjaga-jaga jangan sampai tertular oleh virus tersebut. Kami sudah memberikan himbauan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cibogo agar tetap waspada dan kami tetap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Diharapkan semoga virus corona cepat berlalu, juga kepada masyarakat jangan resah dan panik, kita tetap berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan,” tuturnya.

Seorang Perawat, Pipit Prabu Amanda mengaku bersyukur di Subang belum ditemukan warga yang positif corona.

“Alhamdulillah bukan hanya di Kecamatan Cibogo saja, tetapi di Kabupaten Subang bahwa virus corona itu tidak ada, artinya di Subang tidak ada yang mengidap virus Corona,” imbuhnya.

Pihaknya juga menganjurkan masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah corona, diantaranya, membiasakan cuci tangan, penggunaan masker oleh penderita atau yang sakit, karena yang sakit itu bisa menyebarkan penyakit.

“Bagi kita yang sehat agar membiasakan cuci tangan. Kita juga menghimbau warga bersama-sama menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top