DAERAH

polres Petakan Titik Wilayah Rawan Pilkades

SUBANG – Untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 165 desa di Kabupaten Subang telah dipetakan wilayah yang dinilai rawan.

Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni, mengungkapkan,” sebagaimana dikatakan Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Subang, Kompol Kholik menyampaikan bahwa pemetaan kerawanan wilayah didasarkan pada jumlah calon kepala desa, jumlah daftar pemilih tetap dan keberadaan objek vital nasional.

“Dari informasi intelijen dalam Pilkades serentak di 165 desa kerawanan terdapat di area Pantura, wilayah tengah dan Wilayah Selatan,” ungkapnya dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkades Serentak di Kabupaten Subang, Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Senin (3/12/2018).

Untuk mengamankannya akan diturunkan personil sekitar 3.700 orang yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan instansi terkait lainnya. “Dengan di-backup satuan atas,” imbuhnya.

Kata Kholik akan ada bantuan dari Polres tetangga yaitu dari Polres Karawang, Purwakarta, Sumedang, ‎Majalengka dan Indramayu akan di-BKO-kan ke Polres Subang. “Ini dari pemantauan di wilayah perbatasan pun ada dinamika yang meningkat,” jelasnya.

Kata Kholik pihaknya pun mengantisipasi perjudian yang mungkin terjadi. Upaya antisipasinya dengan bentuk himbauan dan menyambangi ke daerah supaya segera diantisipasi. “Kita lakukan himbauan kepada masyarakat apabila ada perjudian akan ditindak dengan pidana,” katanya.

Dalam rangka kesiapan dan pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Subang tahun 2018 dilaksanakan rapat koordinasi Pilkades Serentak di ruang rapat Bupati II. Senin (3/12/18).

Plt. Bupati Subang Ating Rusnatim, mengungkapkan,” pada Pilkades serentak yang akan digelar 5 Desember mendatang akan diikuti 551 calon kepala desa di 28 kecamatan dengan jumlah TPS 536. “Untuk itu dalam rangka mengantisipasi segala kemungkinan bentuk gangguan keamanan dan ketertiban umum, diharapkan pelaksanaan pilkades serentak berlangsung tertib, aman, damai serta mengedepankan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Kepada para camat agar berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakatnya untuk menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya dan koordinasi harus lebih diintensifkan dengan unsur muspika setempat dan pada pelaksanaannya akan mengadakan monitor.

Dalam rapat tersebut turut hadir Danyonif 312 KH diwakili wadanyon 312/KH Mayor Ind Dedi, Dansubdenpom 312 Subang Kapten CPM Sarno, Asda I Bambang Suhendar, S.Ip, Para PJU dan Kapolsek Polres Subang, Para Pasi dan Danramil Kodim 0605 Subang, Para Kepala OPD dan perwakilan Camat Kabupaten Subang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top