DAERAH

Pelabuhan Patimban, Targetkan Pembangunan Awal, Selesai Akhir Tahun 2019

SUBANG – Menteri Perhubungan Budi Karya memastikan proyek patimban sudah dimulai.Proyek strategis ini rencananya sama besarnya dengan Tanjung Priok.

Proyek Pelabuhan Patimban ini hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Jepang sekaligus menandai 60 tahun persahabatan Jepang Indonesia.

Untuk tahap awal pembangunan akan selesai tahun ini diantaranya pembangunan Terminal Peti Kemas seluas 12 hektar pada Desember 2019.dan dilanjutkan dengan pembangunan konstruksi reklamasi, dermaga, breakwater (pemecah gelombang laut), dan trestle dermaga.

Budi Karya menjelaskan, saat ini tahap pembangunan sudah mencapai 13% selain pembangunan konstruksi reklamasi, dermaga, yang trestle, breakwater, juga sedang dilakukan pembangunan akses road

“Akses road dari Jalur Pantura menuju lokasi Pelabuhan sepanjang 8,2 km sedang dibangun target tahun ini selesai dan saat ini sedang proses pemasangan tiang pancang karena sepanjang 4 km akses road berbentuk Fly Over sisanya Jalan darat”jelasnya

Budi Karya juga menegaskan, Pelabuhan Patimban nantinya akan difokuskan untuk mengirim produk otomotif serta produk-produk industri dari Karawang.

“Pelabuhan Patimban memiliki kegiatan strategis khususnya pada tahap awal ekspor produk otomotif nasional keluar negeri. Seperti kita ketahui, Patimban ini berada di sebelah timur Karawang sehingga produk-produk dari industri itu tidak perlu sampai Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Menhub saat meninjau Proyek Pelabuhan Patimban bersama Ridwan Kamil, Rabu pagi (9/1/2019)

Pembangunan Pelabuhan Patimban ini juga ditujukan agar biaya ekspor lebih efisien dan juga menyelesaikan kemacetan di Jakarta.

“Karena selama ini yang dari Jawa dan Cibitung menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok itu sangat lama dan mengakibatkan kemacetan di Jakarta,” jelas Budi Karya.

Menurut dia sejauh ini tidak ada hambatan dalam pembangunan pelabuhan. Dari sisi koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) juga berjalan baik.

“Dengan Pemda nggak ada masalah. Pemda sudah selesai semua, izin sudah selesai semua,” tambahnya.

Bersama Ridwan Kamil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengecek progres pembangunan proyek tersebut pada hari ini.

(Ahy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wartasubang.com adalah media online yang menyajikan berita peristiwa, politik dan hal unik yang terjadi di Kabupaten Subang dan sekitarnya

Untuk informasi lebih lanjut hubungi redaksi

Copyright © 2018 Wartasubang.com - Portal Berita Subang No 1

To Top