Headline

Cetak Pembisnis Muda, Dinas Pertanian Adakan Pelatihan Start Up Kepada Puluhan Anak Muda Subang

Pelatihan Start Up angkatan dasar

WARTASUBANG.COM, SUBANG – Pelatihan Start Up angkatan dasar dan lanjut yang diselenggarakan oleh dinas pertanian kabupaten Subang, yang diikuti oleh 40 peserta pebisnis pemula se- kabupaten Subang, salah satunya di wilayah subang selatan diikuti oleh 20 peserta pembisnis pemula dari beberapa perwakilan kecamatan.

YESS adalah Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di sektor Pertanian/ YESS Programme (Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services Programme).

YESS merupakan program kementerian pertanian berupa pengembangan kewirausahaan muda di sektor pertanian yang pertama kali di dunia, didanai oleh IFAD (International Fund for Agricultural Development ) yang bertujuan menghasilkan wirausaha muda perdesaan dan tenaga kerja kompeten di bidang pertanian serta peningkatan pendapatan pemuda melalui kewirausahaan dan pekerjaan di sektor pertanian.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, dari mulai pembukaan senin sampai Kamis akhir pelatihan dan sekaligus penutupan kegiatan. kamis, (09/09/2021). bertempat di BPP kecamatan Jalancagak.

Narasumber pelatihan Program Yes Ade Kosnandar, SP. mengatakan bahwa, program YESS merupakan latihan kepada para usahawan, mereka perlu pembekalan dan memahami, yang namanya pembisnis harus memahami management bisnis, dari mulai management keuangan, administrasi kelompok usaha bersama termasuk komunitas.

“Komunitas apa yang akan diwirausahakan termasuk unggulan apa yang akan dijadikan sebagai bahan usaha, salah satunya nanas yang bisa diolah dari mulai buah nanas, daun nanas, limbah kulit nanas dan limbah lainya,” ujar Ade.

Nanas bisa untuk eksport, daun nanas bisa jadi serat kain dan limbah kulit dan olahan nanas bisa jadi pupuk organik.

“Dengan begitu, para pembisnis anak muda bisa memanfaatkan pelatihan tersebut sebagai sumber bisnis dan diharapkan mereka bisa memanfaatkan ide bisnis tersebut,” imbuhnya.

Pada hari ini merupakan akhir pelatihan yang dilaksanakan selam 4 hari, dari mulai pembukaan hari senin sampai hari kamis, sekaligus penutupan kegiatan pelatihan.

“Jumlah peserta pelatihan 20 orang diwilayah subang selatan dan di kecamatan Pagaden 20 orang, jadi jumlah keseluruhan se- kabupaten Subang sebanyak 40 orang,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Korluh BPP kecamatan Jalancagak, mewakili kepala dinas pertanian kabupaten Subang Ade Kusnandar, PPIU Jabar Ir. Musyadar, Ika Kartika, Cecep dan pemateri lainnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top