PERISTIWA

Akibat Hujan Deras dan Luapan Air Situ Ranca Deuleug, Beberapa Rumah Warga Terkena Banjir

situ ranca deuleug

WARTASUBANG.COM, TAMBAKMEKAR – Akibat curah hujan yang sangat tinggi, dan luapan situ ranca deuleug mengakibatkan beberapa rumah warga di RT 13 RW 05 mengakibatkan banjir. Senin, (22/03/2021)

Kejadian banjir tersebut, ini yang petamakalinya, padahal situ ranca deuleug baru dibangun dan dikeruk baru beberapa bulan lalu, akhir tahun 2020.

dalam kejadian tersebut, kades Tambakmekar Dede Ruhendi mengatakan bahwa, berhubung dengan curah hujan yang tinggi baru terjadi pada tahun ini, secara logika situ Ranca deuleug ini baru selesai di keruk. Dulu itu lumpur tinggi hampir satu setengah CM, dan sekarang airnya sudah hampir 2 meter.

“Secara logika ini mampu menampung air, tapi kenyataannya malah semakin meluap,” ujar Dede.

Mungkin, karena curah hujan yang tinggi dan debit air terus naik sedangkan irigasi sempit sehingga tidak dapat menampung air.

“Kami sedang mengupayakan, untuk kemungkinan kedepannya bagaimana,” ungkapnya.

Masih kata, dulu itu sangat di sayangkan kurangnya komunikasi antara kontraktor dengan Pemdes dan pengurus setempat. Sehingga mengakibatkan kejadian seperti ini.

“Akan kita sampaikan dan akan kita laporkan kepada BBWS, karena ini masih dalam tahap pemeliharaan. Sehingga pihak BBWS bisa langsung melaporkan ke pihak kontraktor,” jelasnya.

Kemudian, dirinya telah survei ke rumah yang terkena dampat luapan situ, karena juga ini baru kali pertama tarjadi banjir di Desa Tambakmekar.

“Walaupun tinggi air mencapai lutut, tapi akan kita liat dulu apakah karena kurang nya saluran irigasi atau bukan,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top