Headline

Kang Jimat Buka Rumah Edukasi Pengelolaan Daur Ulang Sampah Organik Bio Konversi Manggot

Bupati Subang H. Ruhimat

WARTASUBANG.COM, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat bersama Kepala Perwakilan BKKN Provinsi Jawa Barat Drs. Wahidin, M.Kes mengunjungi Kampung KB sekaligus membuka Rumah Edukasi Pengolahan Daur Ulang Sampah Organik Bio Konversi Maggot di Kampung Cibogo, kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang. Rabu, (10/03/2021).

Rumah edukasi berbasis lingkungan tersebut, merupakan sarana pendidikan bagi masyarakat tentang pengolahan sampah organik. Melalui budidaya maggot sekaligus wadah pembinaan untuk pemanfaatan potensi dibidang pertanian, perikanan dan peternakan berskala mikro.

Dalam kesempatan tersebut Kepala DP2KBP3A Dra. Nunung Suryani M.Si mengungkapkan bahwa, rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan berbagai pihak atas terbentuknya Kampung KB Beringas, di kampung Cibogo kelurahan Dangdeur yang merupakan salah satu rintisan dari 168 Kampung KB yang tersebar di 30 kecamatan se-Kabupaten Subang.

“Adapun pihak yang telah memberikan bantuan yaitu PT. Dahana, Perhutani, PLN, Semaul undong, dinas lingkungan hidup, polsek Subang, balitbu dan pemda Subang,” ujar Nunung.

Sementara itu kepala perwakilan BKKBN Jawa Barat Drs. Wahidin, M.Kes mengungkapkan bahwa, setelah mendapatkan paparan terkait program Subang Jawara, dirinya menilai bahwa Program Subang Jawara memiliki kesesuaian dengan visi misi pemerintah pusat dan siap membantu mempromosikan Rumah Edukasi serta Kampung KB Cibogo sebagai percontohan di Jawa Barat.

“Semoga bisa menjadi rule model kampung KB untuk daerah lainnya” ujar Wahidin.

Dalam kesempatan yang sama Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang H.Ruhimat mengucapkan bahwa, apresiasinya kepada berbagai pihak atas terbentuknya rumah edukasi dan kampung KB Cibogo yang inovatif dan banyak memberikan manfaat bagi para warga.

“Tentunya ini dapat menjadi solusi permasalahan sampah yang kini dihadapi ” ujar kang Jimat yang mengungkapkan pula bahwa Rumah Edukasi dan Program Kampung KB merupakan miniatur penerapan program subang Jawara.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Direktur PT. Dahana, perwakilan Perhutani, PLN, Semaul Undong beserta Muspika kecamatan Subang, lurah Dangdeur dan para Kader PKK.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top