Subang

Secara Simbolis, Bupati Subang H.Ruhimat Serahkan Bantuan Benih Ikan Kepada 6 KUD Di Kecamatan Blanakan

Bupati Subang H. Ruhimat

WARTASUBANG.COM, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menyerahkan secara simbolis benih ikan kepada enam Koperasi Unit Desa (KUD) di wilayah Kecamatan Blanakan. Selasa, (14/09/2021).

Penyerahan bantuan benih tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam membantu masyarakat, khususnya para penambak yang dijadikan stimulan pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid 19 di Kabupaten Subang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perikanan Rd. Maman Firmansyah, S.Sos, M.Si menyampaikan kegiatan penyerahan benih ikan tersebut dilaksanakan di tiga titik lokasi yaitu Desa Jayamukti, Desa Blanakan, dan Desa Muara.

Penerima benih ikan secara simbolis kepada enam KUD yaitu :
– KUD Mina Karya Bukti Sejati Desa Jayamukti untuk komoditas nila 101 orang penerima dengan jumlah benih 303.000 ekor, komoditas bandeng 78 orang penerima dengan jumlah benih 205.400 ekor.
– KUD Mina Karya Baru Desa Rawameneng untuk komoditas nila 26 orang penerima dengan jumlah benih 78.000 ekor, komoditas bandeng 64 orang penerima dengan jumlah benih 166.400 ekor.
– KUD Mina Karya Bukti Desa Blanakan untuk komoditas nila 45 orang penerima dengan jumlah benih 135.000 ekor, komoditas bandeng 55 orang penerima dengan jumlah benih 143.000 ekor.
– KUD Mina Langgeng Jaya Desa Langensari untuk komoditas nila 17 orang penerima dengan jumlah benih 51.000 ekor, komoditas bandeng 92 orang penerima dengan jumlah benih 239.200 ekor, dan komoditas udang windu 77 orang penerima dengan jumlah benih 77.000 ekor.
– KUD Karya Bakti Desa Muara untuk komoditas bandeng 57 orang penerima dengan jumlah benih 148.200 ekor, komoditas udang windu 50 orang penerima dengan jumlah benih 500.000 ekor, dan komoditas udang vanname 51 orang penerima dengan jumlah benih 536.280 ekor.
– KUD Tambak Jaya Desa Tanjungtiga untuk komoditas bandeng 3 orang penerima dengan jumlah benih 7.800 ekor, komoditas udang windu 123 orang penerima dengan jumlah benih 1.230.000 ekor.

Kepala Dinas Perikanan berharap bantuan komoditas tersebut bisa dimanfaatkan oleh pembudidaya dan KUD, karena kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Bupati dalam rangka menyejahterakan pembudidaya dan KUD di Wilayah Kecamatan Blanakan.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat mengutarakan rasa gembirannya karena dapat bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi warga dan anggota koperasi yang berada di Wilayah Kecamatan Blanakan.

“Saya menginginkan perubahan dan peningkatan melalui kelembagaan baik yang menyangkut koperasi maupun nelayan. Untuk itu yang telah tergabung dalam lembaga perekonomian yaitu koperasi harus memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian anggotanya menjadi lebih baik dan meningkat,” ujar Kang Jimat.

Selanjutnya, Dirinya mengatakan tujuan silaturahmi ini untuk memberikan bantuan benih yang telah dianggarkan dari tingkat kabupaten untuk semua KUD yang berada di wilayah pantai dengan jumlah benih 9.029.000 ekor dengan penerima 1.438 orang untuk se-kabupaten.

“Saya berharap bantuan benih dari pemerintah bisa dimanfaatkan dengan baik, menjadi barokah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia memohon doa restu kepada warga Kecamatan Blanakan semoga akses jalan Patimban-Cilamaya yang sedang dibangun nantinya bisa menjadi lintasan agar akses warga tidak sulit dan meminimalisir banjir rob supaya air tidak naik ke atas,” katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP.PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, ASDA I H. Rahmat Effendi, Kadis PUPR H. Syawal, Kadis Perikanan Rd. Maman Firmansyah, Camat Blanakan, Kades Rawameneng, Plt Kades Jayamukti, kades Muara serta muspika Kecamatan Blanakan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top