DAERAH

Berdayakan Bumdes, Tim Pemcam Jalancagak Monev Ke Desa Se- Jalancagak

JALANCAGAK- Guna menunjang peningkatan ekonomi di tiap tiap desa melalui Bumdes, Pemerintahan kecamatan Jalancagak laksanakan monev ke tiap desa se- kecamatan Jalancagak.

Pelaksaan monev Bumdes kali ini merupakan kegiatan yang ke dua kalinya di desa Jalancagak, curugrendeng dan desa Bunihayu, senin (21/9/2020).

Camat Jalancagak Wawan Gunawan mengatakan,” sampai hari ini Bumdes yang sudah berjalan dan sudah MoU dengan Bapenda, bjb dan Samsat baru 2 desa, desa Jalancagak dan desa Bunihayu,” ungkapnya.

Sementara 5 desa yang lainnya, Bumdesnya sudah terbentuk hanya saja kegiatan kegiatannya saja.

“Jadi kita dengan tim adakan monev ke semua desa se- kecamatan Jalancagak, diakhir tahun 2020 pembentukan PPOB bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara tanggapan dari semua kepala desa se- kecamatan Jalancagak tentang pembenahan Badan usaha milik desa Bumdes.

“Alhamdulillah respon kepala desa cukup bagus, hanya saja kepala desa perlu rapat internal memanggil pengurus Bumdes, menanyakan kesipan dan kalau saja tidak siap akan direshuffle,” ujar Wawan.

Berharap ditahun 2021 semua mumdes sudah berjalan secara maksimal.

Sementara kasi Pemerintahan kecamatan Jalancagak Mulyana mengatakan,” kita dari tim kecamatan melaksanakan monef Bumdes di 7 desa se- kecamatan Jalancagak, untuk kalai ini merupakan monev yang ke dua kalainya ke desa Jalancagak, Curugrendeng dan desa Bunihayu,” ujar Mulyana.

Yang pertama cara pembentukan Bumdes dari mulai Perdes, pembentukan pengurus dan seperti apa jenis usahanya dan apa saja.

“Karena SK Bumdes hanya dikeluarkan oleh kepala desa, yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara dan pengawas 3 orang, sampai hari ini monev yang kedua kalinya, berharap dengan keberadaan Bumdes ini, jadi soko ekonomi masyarakat desa itu sendiri, sehingga desa maju dan berkembang,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top