DAERAH

Festival Kolecer Tingkat Kabupaten, Resmi Dibuka Bupati Subang

TAJUNGSIANG – Festival Kolecer tingkat Kabupaten Subang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan sekaligus meresmikan ‘Kampung Kolecer’ di Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang, resmi dibuka Bupati Subang H. Ruhimat, Rabu (18/12/2019).

Kolecer merupakan permainan masyarakat Subang yang telah menjadi Warisan Budaya Tanpa Benda (WBTB). Festival kolecer diikuti sekitar 100 peserta. Dari sekian banyak kolecer yang dipasang, ada yang usianya mencapai 100 tahun.

Kepala Disdikbud Subang, HE Kusdinar mengapresiasi semangat warga Desa Cimeuhmal dalam pelaksanaan festival kolecer ini.

Menurutnya, ada 4 item yang masuk Warisan Budaya Tanpa Benda (WBTB), diantaranya, Kolecer, Gemyung, Bajidoran dan termasuk Sisingaan.

“Insyaalloh nanti ada lagi yang diajukan supaya masuk dalam Warisan Budaya Tanpa Benda (WBTB). Karena itu generasi muda harus menjaganya, orang tahu sejarahnya, tahu juga budayanya,” ujar Kusdinar.

Camat Tanjungsiang, Heri Hermansyah, mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menyelenggarakan festival kolecer di Kampung Babakan Dago Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang.

“Kegiatan festival ini bisa menjadi daya tarik wisatawan,” ucap Heri.

Bupati Subang, H Ruhimat juga sangat mengapresiasi diadakannya Festival Kolecer ini.

“Kolecer ini sudah diakui oleh lembaga internasional bahwa ini betul-betul mutlak budaya orang Subang, Jawa Barat, bahkan Indonesia. Karena kolecer-kolecer ini tidak dipunyai oleh negara yang lain. Kedepan insyaalloh festival kolecer menjadi agenda tahunan,” tegas Ruhimat.

Festival Kolecer dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Ruhimat, Anggota DPRD Subang Hendra Purnawan, Kabag Humas & Protokol Setda Subang Asep Setia Permana, Camat Kasomalang Agus Hendra, Sekmat Cisalak, Kabid Kebudayaan M Khadar Hendarsah, Kabid BPBD Kabupaten Subang, Jajaran Disparpora Kabupaten Subang, Unsur Muspika Kecamatan Tanjungsiang, sesepuh dan tokoh masyarakat Kecamatan Tanjungsiang dan para Kepala Desa se Kecamatan Tanjungsiang serta tamu undangan lainnya.

(M Sunardi / Ajat Sudrajat)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top