DAERAH

Keberadaan Koperasi LED, Antisipasi Maraknya Rentenir

SAGALAHERANG – Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-12 tahun buku 2018 Koperasi Lumbung Ekonomi Desa (LED) Leles Kecamatan Sagalaherang tahun 2018 dibuka dan dihadiri oleh Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si di aula Desa Leles kecamatan Sagalaherang. Kamis (10/01/2019)

Mengambil tema “Dengan semangat RAT, Kita Tingkatkan Gotong Royong Dan Kekeluargaan Untuk Membangun Ekonomi Anggota Yang Mandiri Dan Sejahtera Melalui Wadah Koperasi. Partisipasi Anggota Meningkat, Koperasi Kuat.

Ketua LED Leles Tuti Sri Mulyati, dalam sambutannya menyampaikan ,” bahwa RAT merupakan rapat anggota yang akan membahas tahun buku 2018 yang telah berakhir.
Tahun 2018, Koperasi LED Leles memiliki 559 anggota dengan modal sendiri dan simpanan anggota sebesar Rp1.196.464.804, hutang jangka pendek berupa simpanan Rp406.027.903, hutang jangka panjang Rp. 121.026.994 dan laba Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp77.045.720.

Kades Leles Ade Kusyana, mengungkapkan,” merasa bangga dengan keberadaan LED Leles yang maju dibanding LED yang lain yang ada di Kabupaten Subang. Semoga dengan keberadaan LED Leles mampu membantu kemajuan dan pembangunan Desa,” ungkapnya.

“Pemerintah Desa siap mendukung program kerja dari LED Leles yang mampu membantu kesejahteraan masyarakat desa dan menghindari bank emok.
Bupati Subang siap membantu dan mendukung Lumbung Ekonomi desa yang ada di Kabupaten Subang terutama LED Leles, yang mana kegiatan yang dilakukan LED dapat membantu kesejahteraan masyarakat.
Koperasi merupakan salah satu lembaga yang mampu mensejahterakan masyarakat dan anggotanya,” katanya.

Dari 3500 lebih warga desa Leles, sedangkan yang terdaftar dalam keanggotaan LED sekitar 595 orang. Maka kedepannya sebagian besar masyarakatnya dapat turut serta dalam keanggotaan LED Leles. Dengan LED semoga masyarakat tidak ada yang turut serta dalam pinjaman-pinjaman lainnya seperti “bank emok” yang beban bunganya besar,” lanjutnya.

Potensi daerah banyak sekali di Kabupaten Subang, dan di Desa Leles Lumbung Ekonomi Desa merupakan salah satu potensi yang perlu harus dikembangkan. Potensi lainnya yaitu keberadaan mata air yang banyak ditemukan di daerah desa Leles, maka perlu adanya pemanfaatan potensi tersebut bukan hanya untuk pengairan pesawahan melainkan diperguanakan untuk pemanfaatan sebagai komoditi air minum kemasan yang diharapkan kedepannya mampu meningkatkan kemajuan desa,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang menyerahkan piagam penghargaan dari Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang kepada Koperasi LED Lekes atas penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 tepat waktu pada tanggal 10 Januari 2019. Penyerahan hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sebesar Rp. 40.000.000 kepada LED Leles, Rp. 30.000.000 kepada LED Mitra Sejahtera dan Rp. 30.000.000 kepada LED Makmur Lestari.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala DKUPP, perwakilan Direktur Bisnis LPDB Kemenkop RI, Ketua Dekopinda Subang, Camat Sagalaherang, Pimpinan Cabang BJB Subang, Kabid Koperasi DKUP, Kades Leles, Kapolsek, Danramil, Pengurus dan anggota Koperasi LED Leles.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top