DAERAH

Kejar Target PAD, Dishub Subang Gelar Razia Kendaraan ODOL

SUBANG -Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang melaksanakan razia kendaraan bermotor, menitikberatkan pada kendaraan pengangkut barang dan kelengkapan surat-surat serta Over Dimensi dan Over Load (ODOL) dalam rangka mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2019, digelar jum’at (18/10/2019) di jalan Cipaku.

Jumlah total, sebanyak 16 kendaraan yang terkena razia, yaitu 8 kendaraan langsung diberikan tindakan berupa tilang dan untuk 8 kendaraan lagi langsung ke kantor pengujian untuk melaksanakan wajib uji.

Kasi PKB Dishub Subang, H Dudi melalui Bambang Irawan, penguji tingkat 1 selaku penanggungjawab tester yang didampingi Yayan Triyana, penguji tingkat 3 selaku penandatangan buku uji, mengatakan, razia kali ini utamanya untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019, dari target sebesar Rp950 juta, baru mencapai sekitar 87%.

Dalam razia sebanyak 16 kendaraan pengangkut barang dengan plat nomor diluar Subang terkena tindakan. Dari 16 kendaraan tersebut telah melanggar, seperti tidak membawa surat-surat kendaraan sama sekali, uji kir-nya sudah habis masa berlakunya serta over dimensi dan over load (odol).

“Sehingga kita mengambil tindakan berupa tilang sebanyak 8 kendaraan dan 8 kendaraan lagi kita arahkan untuk langsung ke kantor pengujian untuk melaksanakan wajib uji,” paparnya.

Pihaknya optimis, target PAD Dishub pada 2020 hingga 2023, akan terus meningkat. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan solusi untuk mencapai target PAD tersebut, yakni dengan cara jemput bola mendatangi kecamatan-kecamatan yang jarak tempuhnya cukup jauh bagi masyarakat atau perusahaan yang akan melakukan uji kir kendaraannya.

“Sehingga dengan cara jemput bola ini sudah tentu akan membantu masyarakat atau perusahaan yang akan uji kir kendaraannya, sehingga target PAD akan tercapai,” katanya.

Dalam razia ini, pihaknya juga melakukan sosialisasi mengenai lampiran 1 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang baru Nomor PM 60 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor SE 21 Tahun 2019 tentang pengawasan terhadap mobil barang atas pelanggaran muatan lebih (over loading) dan/atau pelanggaran ukuran lebih (over dimension).

(M Sunardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wartasubang.com adalah media online yang menyajikan berita peristiwa, politik dan hal unik yang terjadi di Kabupaten Subang dan sekitarnya

Untuk informasi lebih lanjut hubungi redaksi

Copyright © 2018 Wartasubang.com - Portal Berita Subang No 1

To Top