DAERAH

Kerja Sama Petani Nanas & Perusahaan Sumitomo Diapresiasi Korluh Jalancagak

JALANCAGAK – Tim penyuluh pertanian beserta petugas dari Sumitono yang nginduk ke PT. Sanitas Cirebon melaksanakan pengocoran larutan air yang dicampur dengan zat pengatur tumbuh tanaman ProGibb 40 SG ke tanaman buah nanas di kebun pasir malang desa kumpay kecamatan Jalancagak Subang, selasa (25/8/2020)

Dalam kegiatan pengecoran tersebut, dilaksanakan di kebun milik petani Anab, dihadiri Korluh BPP kecamatan jalancagak Yeni Heryani besrta tim penyuluh, petugas dari Sumitomo yang nginduk ke PT. Sanitas Cirebon Sadeli dan yang lainnya.

Sumitomo PT. Sanitas Corebon Sadeli mengatakan,” pengocoran larutan air yang dicampur dengan zat pengatur tumbuh tanaman di kebun milik petani Anab ini, yang dilaksanakan 2 kali, satu kali 4 minggu sebelum panen dan satukali lagi yang dilaksanakan hari ini 2 minggu sebelum panen,” ungkapnya.

Pengocoran rarutan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan produktifitas buah nanas, bobot buah nanas akan bertambah.

“Setelah dilaksanakan pengocoran larutan tersebut, selain meningkatkan produktifitas buahnanas juga bisa bobot buah nanas tersebut akan naik, maksimal akan naik setengah kilo tiap tiap buah nanas,” imbuhnya.

Dalam satu liter air larutan yang telah dicampur dengan ProGripp 40 GS ini untuk pengocoran 20 tanaman buah nanas.

Selain nanas juga bisa untuk buah buahan lainnya, salah satunya untuk buah durian dan tanaman padi, di seluruh dunia totalnya ada 70 jenis tanaman, adapun cara dan pekerjaannya, kita dikocor saja ketanaman tersebut

“Ini akan terlihat hasilnya, setelah dilaksanakan 2 kali pengocoran tersebut dalam waktu 1,6 bulan,” pungkasnya.

Sementara Korluh BPP Jalancagak Yeni Heryani mengatakan,” saya mengapresiasi dengan kegiatan ini, kegiatan yang sangat positif yang dilaksanakan dikelompok tani daya makmur desa kumpay, guna meningkatkan produktifitas buah nanas,” ungkapnya.

Dari 10 lebih kelompok tani yang ada di kecamatan jalancagak, kelompok petani daya mandiri Anab sebagai uji coba dalam dalam kegiatan ini.

“Diharapkan, dengan pengocoran tersebut bisa berhasil dan meningkatkan produktifitas buah nanas, sehingga bisa diikuti oleh kelompok kelompok lainnya, khususnya kelopok tani yang ada di kecamatan Jalancagak,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top