DAERAH

Kerjasama Pemkab Subang & Pemrov DKI Jakarta Untuk Memenuhi Benih Nasional

SUBANG – Untuk mendukung kerjasama antara Pemkab Subang dengan Pemprov DKI Jakarta, khusnya dalam pemenuhan kerjasama pangan dan pertanian, Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, segera membangun pusat penelitian dan balai benih, di Hutan Ranggawulung.

Menurut Patih LAK Galuh Pakuan Rahyang Wawan Renggo, keberadaan pusat penelitian dan balai benih itu, akan sangat mendukung kebutuhan pemenuhan pangan dan hasil pertanian lainnya, dalam memenuhi permintaan DKI nanti, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan para petani di kawasan desa berbasis rempah, dalam menuju Subang sebagai poros maritim berbasis rempah, ketika pelabuhan Patimban sudah beroperasi.

“Jadi kita nanti LAK Galuh Pakuan segera menyiapkan pusat penelitian dan balai benih berbagai tanaman hortikultura dan tanaman rempah-rempah, dan akan kita siapkan disana, untuk memenuhi kebutuhan kerjasama antara Pemkab Subang dengan Pemprov DKI Jakarta, juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat petani di kawasan desa berbasis rempah, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan benih nasional,” kata Wawan yang akrab dipanggil Bah Renggo kepada wartawan di Subang, Minggu (25/8/2019).

Keberadaan pusat penelitian dan balai benih itu dikatakan Bah Renggo, akan bersinergi dengan Balai Penelitian Tanaman Tradisional dan Obat-obatan (Balitro) dan Balai Penelitian Tanaman Buah-buahan dan Hortikultura di bawah Kementerian Pertanian.

“Tentunya kita nanti akan bersinergi dengan balai-balai penelitian yang ada di bawah Kementan,” ujarnya.

Bah Renggo menambahkan, keberadaan pusat penelitian dan balai benih itu nanti, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan Pemkab Subang, untuk meningkatkan SDM para petani dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

“Nantinya pusat penelitian dan balai benih itu bisa bermanfaat bagi masyarakat Subang, dalam meningkatkan SDM, dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional,” pungkas Bah Renggo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wartasubang.com adalah media online yang menyajikan berita peristiwa, politik dan hal unik yang terjadi di Kabupaten Subang dan sekitarnya

Untuk informasi lebih lanjut hubungi redaksi

Copyright © 2018 Wartasubang.com - Portal Berita Subang No 1

To Top