DAERAH

Sambut Porprov 2020, FAJI Dan FPTI Kabupaten Subang Gelar Baksos Bersihkan Sungai

SUBANG – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Subang, bersama-sama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Subang, dan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Subang (Unsub), menggelar bakti sosial berupa membersihkan sampah yang berserakan dialiran Sungai Cipunagara Desa Sadawarna Kecamatan Cibogo Subang, Minggu (1/12/2019).

Kegiatan tersebu dalam rangka persiapan Subang jadi tuan rumah pekan olahraga Provinsi (Porprov) 2020 mendatang, mereka bahu-membahu membersihkan sampah yang berserakan di aliran Sungai, juga sampah yang tersangkut di Jembatan.

Ketua Pengcab FAJI Kabupaten Subang, Ratu Agung Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Ambu Indung Budak Noviyanti Maulani mengatakan, bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan fasilitas arung jeram pada pengusulan venue Porprov 2022.

“FAJI menginginkan adanya kawasan sungai yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga FAJI mengambil inisiatif untuk memulai kegiatan membersihkan lingkungan sungai Cipunagara, terutama di wilayah Desa Sadawarna, terlebih saat ini musim sudah musim penghujan, sehingga sampah-sampah itu perlu kita beraihkan dari sungai, agar tidak terjadi bencana banjir,” ucap Noviyanti kepada wartawan di Subang, Minggu (1/12/2019).

Selain kegiatan bakti sosial, FAJI dan FPTI serta Menwa Unsub kata Noviyanti, juga melaksanakan latihan bersama, dalam rangka meningkatkan kapasitas olahraga pemuda, serta, khusus untuk FAJI, latihan persiapan partisipasi pada acara kejurda yang akan dilaksanakan di Sungai Cimanuk Sumedang, 17 Desember 2019 nanti.

“Salah satu peran yang tidak dapat dipisahkan dari tubuh FAJI, selain sebagai olaharaga prestasi dan olahraga wisata, juga adanya peran konservasi, dimana FAJI peduli dan bertanggung jawab atas lestarinya lingkungan sungai serta bantarannya,” ujarnya.

Noviyanti juga mengatakan, selain menggelar bakti sosial dan latihan bersama FAJI dan FPTI serta Menwa Unsub, menggelar kegiatan konservasi untuk spot dan track arung jeram di aliran sungai Cipunagara.

“Kegiatan rutin yang harus dilakukan FAJI dalam Konservasi aliran Sungai Cipunagara, serta sungai-sungai lain yang ada di wilayah Kabupaten Subang,” terang Noviyanti.

Ditambahkannya, dalam kegiatan hari ini FAJI juga melakukan pembinaan atlet, pada rangkaian yang sama, FAJI, FPTI bersama Menwa, juga mengadakan latihan Rapling serta pelatihan Rescue Vertikal, hal ini, dilakukan selain untuk menumbuhkan minat masyarakat, terutama pemuda, terhadap kegiatan olahraga, juga agar pemuda memiliki keahlian di bidang Penyelamatan dan Penanganan Bencana.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top